Salafy Media

Radio Islam Indonesia

Who's Online


16 visitors online now
13 guests, 3 bots, 0 members
Map of Visitors

Ini Pun Ibadah

salafymediasalafymedia

Semangat ibadah. Itu lah salah satu dari hal yang agak mencolok dari kalangan yang mulai mengenal sunnah. Walhamdulillaah. Tapi ternyata, ada satu sisi ibadah yang juga tidak boleh kita lalaikan.

Dinukil dari sebagian ulama terdahulu :

أدركنا السلف وهم لا يرون العبادة في الصوم ولا في الصلاة، ولكن في الكف عن أعراض الناس

“Kami mendapati masa salaf, yang mana mereka tidak menganggap bahwa ibadah terletak pada puasa dan shalat sunnah. Namun pada sikap menahan lisan dari menjatuhkan orang lain.” (Al Ihya’, III/152)

Subhanallah. Benar bahwa puasa dan shalat sunnah ialah ibadah. Tapi kita pun harus sadar bahwa menjaga dan tidak menjatuhkan kehormatan saudara kita juga ibadah! Karenanya Rasulullah ﷺ bersabda :

سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ، وَقِتَالُهُ كُفْرٌ

“Mencela seorang muslim ialah tindak kefasikan.” HR. Al Bukhari (48) & Muslim (64)

Dan lebih terang dari itu,

إنَّ الدِّرْهَمَ يُصِيبُهُ الرجلُ من الرِّبا أَعْظَمُ عندَ اللهِ في الخَطِيئَةِ من سِتٍّ وثلاثِينَ زَنْيَةً يَزْنِيها الرجلُ ، وإِنَّ أَرْبَى الرِّبا عِرْضُ الرجلِ المسلمِ

“Sesungguhnya satu dirham yang didapatkan oleh seseorang melalui jalur riba; dosanya lebih besar di sisi Allah dari pada dosa tiga puluh enam kali berzina. Dan sesungguhnya riba yang paling berat ialah melecehkan kehormatan seorang muslim.” (Shahih at-Targhiib wa at-Tarhiib, 2831)

Semoga Allah memberikan taufiiq-Nya agar kita mampu mewujudkan nilai ibadah ini.

— Ma’had Darus Salaf, @Bontang

— Hari Ahadi, ba’da shubh di penghujung Syawal 1439 / 13 Juli 2018

Powered by WPeMatico