Jam Tangan Emas - Salafy Media
Salafy Media

Radio Islam Indonesia

Who's Online


16 visitors online now
3 guests, 13 bots, 0 members
Map of Visitors

Jam Tangan Emas

salafymediasalafymedia

Saat ini, hampir semua barang yang pada mulanya digunakan untuk membantu kelancaran aktivitas tidak lagi terbatas pada fungsi awalnya. Taruh kata jam tangan, yang kegunaan awalnya hanyalah untuk mempermudah para pekerja mengatur waktunya secara tepat sehingga tugas-tugas yang dia kerjakan pun bisa berjalan sesuai rencana.

Seiring berjalannya waktu, fungsi utama jam tangan justru mulai terpinggirkan. Hingga pada saat ini kita dapati ada sebagian orang-orang berduit yang menjadikan jam tangan sebagai mode atau perhiasan bagi dirinya. Baik laki-laki maupun wanitanya. Ada jam yang berlapis emas ada pula yang bertaburkan batu mulia seperti intan atau disebut juga berlian.

Terkait jam tangan yang berlapis emas, apakah kaum adam dibolehkan untuk memakainya? Mengingat ada larangan menggunakan emas bagi kaum lelaki. Sebagaimana hal ini nampak pada beberapa hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

أن النبي صلى الله عليه وسلم، نهى عن خاتم الذهب

“Sesungguhnya Rasulullah ﷺ melarang (kaum lelaki) menggunakan cincin emas.” Muttafaqun ‘alaihi

Dalam hadits lain :

أُحِل الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لإِِنَاثِ أُمَّتِي، وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا

“Emas dan sutra dihalalkan bagi kaum wanita dari kalangan umatku, namun diharamkan bagi kaum lelakinya.” HR. Ahmad, An-Nasaa’i, dan At-Tirmidzi (dinilai shahih oleh beliau)

Terdapat sebuah pertanyaan yang diajukan kepada Asy-Syaikh Al Faqiih Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah mengenai hukum memakai jam tangan yang dilapisi emas. Maka beliau menjawab :

الساعة المطلية بالذهب للنساء لا بأس بها، وأما للرجال فحرام؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم حرم الذهب على ذكور أمته. وأما قول السائل الذهب الأبيض فلا نعلم أن هناك ذهباً أبيض، الذهب كله أحمر، لكن إن كان قصده بالذهب الأبيض الفضة، فإن الفضة ليست من الذهب ويجوز منها ما لا يجوز من الذهب كالخاتم ونحوه.

“Jam tangan berlapis emas boleh digunakan bagi kaum wanita. Adapun laki-laki maka hukum menggunakannya haram. Karena Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengharamkan emas bagi kaum lelaki dari umatnya.” (Fataawa Al ‘Utsaimin, XI/101)

Jadi bagi kaum lelaki, silakan tampil dengan jam tangan yang bagus tapi jangan yang terdapat unsur emasnya. Kelebihan uangnya kan bisa digunakan untuk berinfaq di jalan-jalan kebaikan. Mudah-mudahan uraian ringkas ini bisa sedikit membuka cakrawala pengetahuan kita dalam masalah ini. Wallahu a’lam.

— Parak Stadion RD, @Kota Raja
— Hari Ahadi, ba’da ‘Isya 14 Shafar 1438 / 13 November 2016

Powered by WPeMatico