Doakan Sebelum Pergi - Salafy Media
Salafy Media

Radio Islam Indonesia

Who's Online


16 visitors online now
3 guests, 13 bots, 0 members
Map of Visitors

Doakan Sebelum Pergi

salafymediasalafymedia

Tidak dipungkiri bahwa satu hal yang paling diperlukan oleh seorang yang telah meninggal ialah istighfar kerabatnya untuk dirinya. Bagaimana tidak sedang dia telah menghadapi alam baru yang telah berbeda dengan alam dunia. Amalan tidak lagi bisa dilakukan saat itu.

Karena itulah, layak untuk kita ketahui salah satu sunnah setelah penguburan berikut ini agar menjadi bekal ilmu bermanfaat bagi kita semua.

Berkata Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah :

Sungguh, telah ada petunjuk sunnah yang tsabit dari Rasulullah ﷺ tentang syari’at mendoakan mayit setelah proses penguburan. Dan Nabi ﷺ apabila selesai dari proses penguburan mayit, maka beliau berdiri di sisi kubur dan bersabda,

استغفروا لأخيكم و اسألوا له التثبيت ، فإنه الآن يسأل

“Beristigfarlah untuk saudara kalian dan mohonlah agar dia mendapat kekokohan (dalam menjawab pertanyaan dua malaikat, pent). Karena sesungguhnya saat ini ia sedang ditanya.“ HR. Abu Dawud, no. 3221 dinilai shahih oleh asy-Syaikh Muhammad Nashir

Dan tidak mengapa jika yang mendoakannya satu orang dan di-aminkan oleh orang-orang yang mendengarnya, atau setiap orang berdoa masing-masing untuk si mayit. (Al Jaami’ fii Fiqh Al ‘Allamah Ibn Baaz, hlm. 410)

Demikian salah satu sunnah setelah penguburan  tersebut, semoga bisa kita terapkan.

— Penerjemah Fatwa : Muhammad Nur Alfat

— Selesai disusun : Ba’da ‘Isya, 19 Rabi’ul Awal 1438 / 17 Desember 2016

Powered by WPeMatico